About us

Visi

Young people in Christ – Orang Muda di dalam Kristus

Domus Cordis ingin mewujudkan dunia yang semua orang mudanya hidup di dalam Kristus. Ini berarti mereka hidup seturut panggilan Tuhan, yaitu bukan hanya mengenal Kristus, tetapi juga mencintai dan melayani Dia, sehingga Kerajaan Allah menjadi pengalaman yang nyata bagi semua orang.

Misi

To inspire young people to promote social justice and charitable initiatives.

Sejalan dengan misi komunitas, menginspirasi orang muda untuk merubah dunia dalam Kristus, Spes Cordis ingin menginspirasi orang muda untuk berbelarasa dan memiliki solidaritas kepada mereka yang miskin terabaikan melalui karya-karya pelayanannya, sehingga tercipta persaudaraan, keadilan, dan kesejahteraan sosial yang lebih menampakkan wajah Kristus di dunia ini.

Orang miskin dan terabaikan bukan hanya mereka yang kekurangan materi, tapi juga mereka yang kesepian, yang martabat hidupnya terancam, ataupun yang menjadi kurban ketidakadilan sosial karena lemahnya system, kebijakan, ataupun nilai-nilai yang berlaku.

Kegiatan Spes Cordis

Program Pendampingan
Gerakan ini bertujuan menginspirasi para remaja yang berpotensi namun terbatas secara keuangan, untuk bergerak mewujudkan mimpi-mimi yang Tuhan tempatkan dalam hati mereka.
Makan Siang Natal
Makan Siang Natal merupakan tradisi dari Komunitas Sant Egidio di Roma yang akhirnya dijadikan gerakan Keuskupan Agung Jakarta. Melalui kerasulan Spes Cordis, komunitas Domus Cordis menjadi penyelenggara Makan Siang Natal di area Kelapa Gading untuk bisa menjadi perpanjangan cinta Tuhan khususnya di hari Natal, bagi orang muda dan keluarga-keluarga yang kurang mampu.
Karya Kasih di Perbukitan Menoreh
Karya kasih ini berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada masyarakat di desa-desa serta pemberian beasiswa pada anak-anak Perbukitan Menoreh dimana fasilitas kesehatan sulit dijangkau, masyarakat yang miskin dan membutuhkan dukungan untuk lebih baik.
Lihat foto-foto kegiatan Spes Cordis

Sejarah

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.” (Matius 25:40)

Pesan Yesus ini menjadi semangat dasar bagi anggota komunitas Domus Cordis untuk mewartakan kasih yang menghidupkan, memberi harapan tanpa memandang suku, agama, atau apapun juga, terutama kepada mereka yang miskin, menderita dan terabaikan. Memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan orang-orang yang menderita menjadi nilai yang ingin dihidupi oleh anggota Domus Cordis. Dengan demikian, sesuai terang Gaudium et Spes (24), para anggota Domus Cordis menemukan arti hidup yang sesungguhnya dalam mengasihi Allah dan sesama.

Berangkat dari semangat mewujudkan pengalaman nyata akan Kerajaan Allah bagi semua orang, terutama bagi mereka yang miskin dan terabaikan, dibentuklah kerasulan di bidang social charity, Spes Cordis pada tahun 2009. Spes Cordis (dari bahasa Latin) yang artinya Harapan Hati, memulai gerakan pendampingan bagi 2 (dua) orang remaja. Gerakan ini ingin mewartakan harapan bagi setiap remaja untuk hidup yang lebih berarti dan berbuah, terutama bagi mereka yang berpotensi namun terbatas secara finansial, untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang Tuhan taruh dalam hati mereka demi kesejahteraan sesama.